Wakaf Pendidikan & Sarana Ilmu di Pelosok Desa Cimenyan

Category Pendidikan
KABUPATEN BANDUNG
Wakaf Salman ITB

Terkumpul

Rp. 11.605.000,00

Dana Dibutuhkan

Rp. 500.000.000,00

Open Goal
0 Hari Lagi
Share

Detail

Update

Donatur

Penggalangan dana dimulai 7 September 2021 oleh:
Wakaf Salman ITB
Akun Terverifikasi

Campaign
179 Campaign

Yuk! Daftar untuk Mulai Ber - Wakaf Membantu Sesama!

Wakaf Pendidikan & Sarana Ilmu di Pelosok Desa Cimenyan

Wakaf Pendidikan & Sarana Ilmu di Pelosok Desa Cimenyan

Terkumpul Rp. 11.605.000,00
Dana Dibutuhkan Rp. 500.000.000,00
Wakaf Salman ITB Akun Terverifikasi

Deskripsi

#WakafPendidikan

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

“Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Tahukah, sahabat? Kedudukan ilmu dalam Islam sangatlah tinggi. Kewajiban menuntut ilmu sudah jelas tertera dalam Al-Qur'an dan hadits. Wakaf Salman sebagai salah satu lembaga filantropi yang amanah, turut berperan dan punya kewajiban untuk meningkatkan sarana infrastruktur pendidikan terutama pendidikan keislaman. Oleh karena itu, program Wakaf Pendidikan fokus pada pengadaan infrastruktur pendidikan di areal yang relatif terpencil dari kota.  Harapannya, kelak Wakaf Pendidikan Wakaf Salman bisa menjadi pionir dalam pergerakan kemajuan pendidikan Indonesia.

Kompleks Pendidikan Khairina

Kompleks Pendidikan Khairina terletak di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kompleks yang juga area wakaf terpadu ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar akan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Luas lahan kompleks saat ini ± 2.000 m2, dengan rincian luas lahan masjid ± 144 m2, luas lahan sekolah ± 140 m2. Masjid bisa menampung 160 jamaah. Pada tahun 2019, Wakaf Salman ITB sudah menyalurkan dana wakaf sebesar Rp.50.000.000, yang dijadikan 3 ruangan kelas dan 1 ruangan guru. Saat ini dibutuhkan setidaknya Rp.500.000.000 untuk renovasi Masjid, toilet dan tempat wudhu akhwat, perpustakaan, sarana edukasi tempat bermain, dan pembebasan lahan untuk pertanian dan perkebunan.

Kompleks Pendidikan Khairina, bersama dengan Masjid Khairina, berkembang menjadi sarana pendidikan usia dini dan dasar khususnya dalam penguatan nilai-nilai keislaman yang cakupannya tidak hanya bagi peserta didik saja, melainkan warga pada umumnya. Terdapat 26 siswa PAUD dan 50 santri MDA yang terdaftar per tahun 2019. Alhamdulillah di tahun 2021, anak didik di sini bertambah menjadi sekitar 100-an. Ke depannya, kami berharap kompleks ini bisa menjadi kawasan pendidikan Islami terpadu hingga jenjang Madrasah Aliyah (MA) atau setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan fasilitas yang terdepan.

Namun, Kompleks Pendidikan Khairina membutuhkan lebih banyak ruangan belajar. Juga berbagai perbaikan infrastruktur, guna menunjang terwujudnya cita-cita anak-anak pelosok Desa Cimenyan. Ayo bergerak bersama Wakaf Salman! Wakaf Pendidikan, membangun negeri menyongsong masa depan! 

 

Kabar Terbaru

Penyaluran Dana Pembangunan Fasilitas Pendidikan

24/11/2021

Tim Wakaf Salman menuju Cimenyan pada 24 November 2021. Alhamdulillah, dana wakaf dan bantuan pendidikan yang #SahabatPenderma titipkan kepada kami telah tersalurkan untuk pembangunan fasiltas pendidikan. Rencananya dana yang diterima melalui Ayah Farid selaku pengelola Taman Pendidikan Khairina, akan dipergunakan untuk pembangunan tempat sampah, gudang, perbaikan atap sekolah, pemasangan jaringan listrik, torrent air, dan perbaikan aliran selokan. Selain itu, anak-anak ke depannya juga bisa bermain di Play Ground sederhana yang tengah dibangun.

Jazakumullah khairan katsiran, Sahabat..

Donatur

Contact Us

Contact Us