Hadirkan Sumur Untuk Saudara Yang Membutuhkan

Category Umum
KOTA BANDUNG
Wakaf Salman ITB

Terkumpul

Rp. 330.806.539,00

Dana Dibutuhkan

Rp. 500.000.000,00

Open Goal
32 Hari Lagi
Share

Detail

Update

Donatur

Penggalangan dana dimulai 7 September 2021 oleh:
Wakaf Salman ITB
Akun Terverifikasi

Campaign
179 Campaign

Yuk! Daftar untuk Mulai Ber - Wakaf Membantu Sesama!

Hadirkan Sumur Untuk  Saudara Yang Membutuhkan

Hadirkan Sumur Untuk Saudara Yang Membutuhkan

Terkumpul Rp. 330.806.539,00
Dana Dibutuhkan Rp. 500.000.000,00
Wakaf Salman ITB Akun Terverifikasi

Deskripsi

Lebih dari 70% tubuh kita adalah unsur air. Jika air bersih sulit diakses, bagaimana ya kita beraktivitas??



 

Faktanya, World Wild Life mencatat 1,1 miliar orang di seluruh dunia kekurangan akses ke air. Diantara banyak faktor, salah satunya yaitu peningkatan jumlah kebutuhan dan ketidakmampuan ekonomi untuk membangun sarana & prasarana air bersih. Kondisi semacam ini juga dulu terjadi pada warga Madinah. Hingga kemudian, Utsman bin Affan r.a memanfaatkannya sebagai peluang beribadah, bersedekah jariyah dengan membeli & mewakafkan sumur Raumah.



Keterangan foto: proses pembangunan sumur wakaf di Sumedang, Jawa Barat



Hingga saat ini, sumur Raumah menghidupi kebun-kebun kurma dan masyarakat fakir miskin. Sebagaimana air sumur wakaf di Al-Qolam mengalir ke keran wudhu masjid, ruma-rumah warga, hingga MDTA Al-Qolam. Memang, membangun sumur wakaf adalah pilihan ibadah sedekah terbaik yang luas, berkepanjangan, dan terus menerus.




Rasulullah ﷺ pernah ditanya oleh Sa'ad, “Sedekah apa yang paling engkau sukai.” Beliau menjawab, “Sedekah air.” (hadis riwayat Ibnu Majah, no. 3684)

 

Kini, kita pun bisa seperti Utsman bin Affan r.a dan memberikan manfaat sumur wakaf seperti di Al-Qolam untuk wilayah lainnya yang membutuhkan. Kemudahan beribadah dengan ganjaran manfaat berkepanjangan & pahala terus menerus, sekarang ada di depan mata. Klik Wakaf Sekarang insyaallah setiap Wakaf & Infak Sumur yang disalurkan menambah keberkahan rezeki dan kedekatan rahmat-Nya.



Disclaimer:

Program ini termasuk ke dalam 7in1 Wakaf Abadi: 7 kebaikan dalam 1 amalan

Informasi selengkapnya, silakan hubungi Admin via WhatsApp

Kabar Terbaru

Survey Geolistrik Kebutuhan Sumur Kampung Ciwaru di Yayasan Yatim Bismillah, Banjaran, Kabupaten Bandung

19/08/2022

Alhamdulillah, Program Wakaf Air geolistrik untuk kebutuhan sumur bor di Yayasan Yatim dan Dhuafa Bismillah, Kp. Ciwaru, Ds. Arjasari, Kec. Arjasari, Kabupaten Bandung telah selesai dilaksanakan.

Sejak tahun 1974, warga di daerah Kampung Ciwaru memanfaatkan sumber air yang dialirkan ke MCK umum. Jarak sumber air ke MCK tersebut yaitu 1 Km dialirkan melalui pipa dan bila datang musim kemarau air menjadi surut hingga kering, sebab sumber air tersebut merupakan sumber air resapan. 

Namun, bila hujan air terkadang kualitasnya bagus. Alternatifnya warga mencari air dengan dirigen ke dekat sawah. Selain itu terdapat kendala listrik (450 kwh) untuk penyaluran airnya.

Jumlah warga di RW 03 atau warga sekitar Yayasan berjumlah 140 Kartu Keluarga (KK). Belum adanya pusat atau sumber air untuk warga, warga dari masing - masing RT di RW 03 ini harus rela mengantri dan bergiliran mengambil air. Pembagian air disana yaitu selama 3 jam sekali, karena untuk meminimalisir penumpukan warga.

Dari antri dan menunggu giliran waktu tersebut menjadi penghambat segala potensi kegiatan disana khususnya ekonomi dan pendidikan.

Pembangunan sumur bor ini nantinya untuk mengairi yayasan dan juga akan dialiri ke kamar mandi umum untuk warga.

Survey Geolistrik Kebutuhan Sumur di Kampung Nyalindung, Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

18/08/2022

Alhamdulillah, Program Wakaf Air survey geolistrik untuk kebutuhan sumur bor di Masjid Jami Nurul Bayyan, Kampung Sukasirna, Desa Girimukti, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat telah terlaksana.
Kebutuhan atau urgensi akan sumur bor di Kampung Sukasirna ketika musim kemarau melanda, kebutuhan air bersih sangat sulit. Meskipun terdapat beberapa warga yang mempunyai sumur galian rata-rata dengan kedalam 10 meter masih mengalami kekeringan. 

Untuk tetap memenuhi kebutuhan akan air bersih, para warga mengambil air ke sumur yang ada di Masjid Jamie Nurul Bayyan dengan jarak sekitar 500 meter melalui jalan yang terjal karena posisi masjid berada di bawah.

Dengan adanya kegiatan warga mengambil air bersih ini menjadi permasalahan tersendiri, karena para jamaah yang hendak melakukan kegiatan ibadah dimasjid menjadi terhambat. Seperti melakukan wudhu yang seringkali menyebabkan para jamaah telat dalam melaksanakan ibadahnya.

Bukan hanya itu, kegiatan pendidikan anak - anak disana pun terdampak oleh kesulitan airnya. Para murid yang hendak sekolah pun menjadi terlambat karena perlu ikut mengambil air sebelum pergi ke sekolah.

Padahal jika kebutuhan air di Kampung Sukasirna ini terpenuhi, potensi ekonomi warga pun dapat terbantu. Karena potensi warga disana banyak yang memang memerlukan kebutuhan air yang memadai seperti, pertanian, ternak ikan dan ternak ayam.

Kini Desa Girimukti tengah memasuki musim kemarau. Harapannya semoga program Wakaf Sumur ini dapat terealisasi kedepannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bagi 80 KK yang tinggal di RT. 02 tersebut dan tidak berdampak kepada seluruh aktivitas penunjang warga seperti yang sebelumnya sempat terjadi.

Survey geolistrik untuk sumur bor di Masjid Uswatun Hasanah, Kota Bandung

28/07/2022

Tim Wakaf Salman melakukan survey geolistrik untuk kebutuhan sumur bor di Masjid Uswatun Hasanah, Jalan Terusan Suryani, Gang Al-Huda, No. 264 RT.03/02, Kota Bandung, Kamis (28/7/2022). Survey geolistrik dilakukan untuk mengetahui kekerasan lapisan tanah maupun Batuan (LITOLOGI) serta mengetahui  posisi Aquifer (lapisan pembawa air) seberapa dalam/besarnya potensi air yang akan disadap atau diambil.

Masjid Uswatun Hasanah saat ini masih kesulitan mendapatkan air bersih. Selain termasuk daerah rawan air, posisi masjid berada di tengah pemukiman padat penduduk sekaligus berdekatan dengan pabrik tahu. Masjid ini merupakan masjid aktif yang dijadikan tempat ibadah sekaligus madrasah para warga dari RW 2 yang terdiri dari 4 RT. Terkadang terdapat warga dari RW lain yang ikut beribadah di masjid. Menjadikan kebutuhan air bersih untuk bersuci semakin bertambah setiap harinya.

Selama ini para warga mengandalkan air dari sumbangan pabrik tahu disekitar warga dengan kondisi air yang tidak menentu, yang terkadang menjadikan warga harus berwudhu dari rumah masing - masing. 

Kehadiran sumur bor untuk masjid dan warga sekitar masjid Uswatun Hasanah begitu berarti yang dapat membasuh kerinduan untuk mensucikan diri langsung di masjid bagi jemaah dan para anak - anak yang belajar.

Tahap Awal Pengeboran Sumur di Kampung Cijeler, Desa Cibiuk, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut

21/07/2022

Alhamdulillah, Program Wakaf Sumur Air Bersih Wakaf Salman bersama Human Initiative (HI) di Kampung Cijeler, Desa Cibiuk, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut sudah memasuki tahap awal pengeboran, Kamis (21/7/2022). Proses pengeboran ditargetkan hingga kedalaman 80 meter dengan jangka waktu 30 hari.

Kampung Cijeler berada di daerah dataran ketinggian sedang dengan dominasi area pesawahan tadah hujan (karena jalur irigasi sudah rusak) dan hutan rakyat, sehingga Cijeler ini terbilang daerah yang rawan sumber air.

Jumlah penduduk Kampung Cijeler RW 06 RT 01,02,03 berjumlah 200 Kartu Keluarga (KK) dengan total 750 jiwa.

Urgensi terkait air bersih masyarakat Kampung Cijeuler saat ini mereka menggunakan air untuk keperluan sehari-hari berasal dari sumur gali dan air resapan yang mengairi sawah. Namun ketika kemarau tiba, warga terpaksa harus mencari ke sumur warga lain yang mempunyai kualitas yang lumayan cukup baik. Selain itu warga juga memanfaatkan sungai Cimanuk untuk kegiatan Mandi, Cuci, Kakus (MCK)nya yang berjarak 1,5 km dan sebuah sumur gali yang berjarak 1 km dari pemukiman warga. Meskipun terdapat sumur gali, namun kualitas airnya sangat buruk, mulai dari berwarna (keruh) hingga berbau sehingga tidak layak untuk konsumsi maupun untuk MCK.

Pengeboran Wakaf Sumur Di Desa Cikadut, Kec. Cimenyan

30/06/2022

Jum'at, 1/7/22 Progress pengeboran sumur titik Desa Cikadut, Cimenyan Hari ini awal dilakukan pengeboran, setelah dilakukan pemasangan alat selama 1 hari sebelumnya. Saat ini kedalam bor sudah mencapai kedalaman 6 meter dengan estimasi kedalaman 70 meter

Pengeboran Wakaf Sumur Di Desa Cikadut, Kec. Cimenyan

30/06/2022

Jum'at, 1/7/22 Progress pengeboran sumur titik Desa Cikadut, Cimenyan Hari ini awal dilakukan pengeboran, setelah dilakukan pemasangan alat selama 1 hari sebelumnya. Saat ini kedalam bor sudah mencapai kedalaman 6 meter dengan estimasi kedalaman 70 meter

Kegiatan Survey Geolistrik Di Yayasan Bening Saguling Foundation

07/07/2022

Kamis, 7 Juli 2022 Tim Wakaf Salman ITB bersama Rock Fluid Imaging (RFI) melakukan kegiatan survey geolistrik di Yayasan Bening Saguling, Jln. SDN Cianjur, Babakan, Cihampelas, Kec. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat Desa babakan ini merupakan desa terpadat di Kec. Cimhampelas, tercatat sejak pelaksaan Pileg 2021 sebanyak 1.100 orang di desa babakan cianjur mempunyai hak pilih. Dengan padatnya penduduk di desa ini tidak diimbangi dengan ketersediaan air bersih yang melimpah, dimana ketika musim kemarau datang para warga hanya memanfaatkan sumber air seadanya yang terletak di bibir sungai citarum yang berjarak 600 meter dari pemukiman warga dengan kondisi jalan yang terjal Ketika musim penghujan datang, sumber air tersebut akan tertutup oleh sungai citarum yang meluap. Harapannya dengan nantinya ada wakaf sumur menjadi sumber mata air tambahan, sehingga para warga tidak peru berjalan jauh untuk mengambil air

Penyaluran Sumur Pesantren At Taubah

20/05/2022

Tim Wakaf Salman telah melakukan peresmian Program Wakaf Sumur yang diresmikan secara simbolis di Pondok Pesantren Daar At Taubah, Jln. Kebon Tangkil, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung. Disisi lain, Wakaf Salman juga membagikan 150 Porsi paket nasi dalam program Jumat Berkah

Pondok Pesantren Daar At Taubah merupakan Pondok Pesantren yang dibangun sejak tahun 2000 yang berdiri ditengah-tengah padatnya kegiatan prostitusi daerah Saritem. Dengan ikhtiarnya para pengurus ponpes Daar At Taubah dalam kegiatan menyiarkan islam, allhamdulillah menjadi daya tarik bagi para warga Saritem ini karena sejak saat awal beridirnya ponpes Daar At Taubah ini terdapat 700 orang yang bekerja sebagai PSK, setelah 22 tahun berjalan PSK didaerah Saritem ini berkurang menjadi 150 orang

Alhamdulillah, program Wakaf Sumur ini telah selesai dengan total kedalam sedalam 60 meter yang bisa memenuhi 6 banker yang tersedia dan disalurkan untuk kebutuhan sebanyak 200 santri dan juga para warga sekitar.

Alhamdulillah, Pengeboran air di mesjid jami attawakal lembang sudah selesai di kerjakan, warga jadi tidak sulit lagi untuk ambil air wudhu di mesjid tersebut

09/05/2022

Pengeboran Sumur Desa Pamulihan

14/12/2021

Pengeboran Sumur Sentak Dulang

03/12/2021

#SahabatPenderma, alhamdulillah berkat dukungan dan doa kita bersama, Wakaf Salman & Odesa Indonesia bisa membangun sumur di Kampung Mekarmanik, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Saat ini, tim tengah mengebor tanah di atas 1100 M. Dpl dengan kedalaman yang dituju yakni 70 meter. Lokasi pengeboran sumur ini ternyata strategis. Terbuka aksesnya bagi dua desa dengan ribuan jumlah orang. Sebelumnya, warga mesti menempuh hingga 3 km. Sebagian berjalan kaki, sebagian menumpang motor tetangga demi 2 jirigen air sekali ambil. Stok air inipun hanya cukup untuk maksimal dua hari hidup. Sudah sekitar 15 tahun warga yang mayoritas buruh tani ini mengalami kekurangan air bersih. Bismillah.. pembangunan sumur wakaf ini menjadi ikhtiar bersama untuk masa depan yang lebih sehat.

Donatur

Contact Us

Contact Us