Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Wakaf Salman ITB Resmikan Pembangunan Masjid Serambi Salman

Pemulihan Pasca Gempa Cianjur, Wakaf Salman ITB Resmikan Pembangunan Masjid Serambi Salman dan Penataan Kampung di Kab. Cianjur

 

Kab. Cianjur, 31 Mei 2023 - Gempa besar November tahun lalu masih menyisakan kesedihan dan luka yang dalam bagi warga Cianjur. Yang paling terasa, yakni kehilangan keluarga, tempat tinggal, dan tempat ibadah. Selama ini ibadah shalat wajib dan kegiatan lainnya didirikan di bawah puing-puing bangunan atau di dalam tenda yang seadanya. Dalam hal ini, Wakaf Salman ITB berinisiasi untuk menghadirkan tempat ibadah baru bagi warga Desa Gasol, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur.

Rabu, 31 Mei 2023 kegiatan peletakan batu pertama digelar untuk menandai dimulainya proyek pembangunan Masjid Serambi Salman di Gasol, Kab. Cianjur Jawa Barat. Kegiatan peletakan batu pertama ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, perwakilan pemerintah daerah, dan beberapa perwakilan YPM Salman ITB. Masjid Serambi Salman ini diharapkan akan memberikan fasilitas ibadah yang lebih baik lagi setelah daerah Cianjur dan sekitarnya diguncang gempa besar pada November tahun lalu.


Setelah menyalurkan bantuan darurat yang dibutuhkan pasca gempa pada November lalu, kini Wakaf Salman ITB berfokus dalam pemulihan infrastruktur pasca gempa. Harapannya, masjid ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat Kab. Cianjur dengan memberi ruang produktif baru selama proses pembangunan dan setelahnya. Diharapkan bahwa masjid ini akan memberikan dampak positif secara ekonomi, sosial, dan pendidikan dalam jangka panjang.

Senada dengan tujuan masjid ini, perwakilan dari Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama berharap semoga Masjid Serambi Salman ini menjadi pelita bagi masyarakat Cianjur untuk bangkit dari keterpurukan pasca bencana gempa.

Masjid baru ini direncanakan sebagai sarana ibadah, pendidikan dan pusat dakwah yang modern dan berkualitas tinggi. Dalam kegiatan peletakan batu pertama ini, Perwakilan Bupati Kab. Cianjur menuturkan rasa terima kasih kepada YPM Salman ITB yang telah merencanakan pembangunan Masjid Serambi Salman. Bantuan donatur ini diharapkan meningkatkan rasa semangat beribadah masyarakat di Desa Gasol. Karena dari Masjid, dapat mewujudkan masyarakat yang madani sebagaimana masyarakat bergotong-royong demi kesejahteraan bersama.

"Saya pengen mengabadikan seorang Sahabat Nabi yang pengabdiannya tinggi yaitu Salman Al-Farisi. Kebetulan juga yang mengusung konsep dan membantu kami yakni Masjid Salman ITB juga. Saya doakan semua wakif dan donatur semoga Allah balas kebaikannya dengan pahala yang sangat besar, dan juga semoga manfaat ini mengalir kebaikannya hingga akhirat kelak." harap pengurus Masjid Serambi Salman, H. Asnawi.

Proyek pembangunan Masjid Serambi Salman ini diwujudkan berkat kerjasama antara Wakaf Salman ITB, Rumah Amal Salman, YPM Salman ITB, pemerintah daerah, serta pewakaf dan donatur yang senantiasa mendukung terlaksananya proyek ini. 

Masjid Serambi Salman ini akan dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk ruang ibadah serta fasilitas penunjang seperti tempat wudhu dan toilet yang nyaman. Diharapkan bahwa dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai ini, jemaah dan warga sekitar akan menumbuhkan semangat beribadah pasca bencana gempa tahun lalu.

Masjid ini akan dibangun dengan teknologi yang lebih aman terhadap gempa, dan masjid ini akan menjadi pusat kegiatan seperti shalat wajib, pengajian, hingga kegiatan pendidikan akan dilaksanakan di sini.

"Sangat penting bagi kita yakni sesuai dengan sikap Rasulullah saat hijrah, Masjid yang lebih dulu dibangun sebelum pasar. Maka pembangunan Masjid ini diharapkan menjadi awal pemulihan Desa Gasol pasca gempa Cianjur November lalu." tutur Sekretaris Umum YPM Salman ITB, Dr. Very Susanto, ST., MT.

Setelah upacara peletakan batu pertama, rencananya pembangunan masjid ini akan segera dimulai. Proses pembangunan diperkirakan akan berlangsung selama tujuh bulan dan diharapkan Masjid Serambi Salman ini akan siap menyambut jemaah dan warga untuk beribadah dengah khusyuk.. 

Dengan peletakan batu pertama ini, proyek pembangunan Masjid Serambi Salman di Kota Kab. Cianjur menjadi sebuah harapan baru bagi masyarakat setempat. Dalam beberapa tahun ke depan, masjid ini diharapkan akan menjadi pusat kegiatan ibadah dan juga produktif sehingga masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi bisa menunjang kehidupan.

Bayu Rian Ardiyansah S,Mn selaku General Manager Wakaf Salman ITB menuturkan rasa terima kasih kepada para wakif dan donatur yang senantiasa mengikhlaskan sebagian harta terbaiknya untuk mewujudkan masjid ini. Bayu juga mengharapkan masjid ini sebagai perpanjangan dakwah Masjid Salman ITB untuk para warga terdampak gempa di Cianjur.

Pada acara yang sama, Kementerian ATR BPN meresmikan dimulainya penataan Kampung melaui Program Konsolidasi Tanah di Desa Gasol, Kec. Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Selain itu kegiatan ini dihadiri Bupati Cianjur dan SKPD terkait, Ketua LPPM ITB, Dekan SAPPK ITB, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Baznas, Lembaga Amil Zakat.

Wakaf Salman ITB mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para wakif, donatur dan masyarakat yang selalu mendukung, mendoakan dan berkontribusi dalam berbagai program kebaikan yang dijalankan.

Mari terus hidupkan rasa solidaritas untuk sesama dengan berinfaq dan berwakaf melalui program kebaikan bersama Wakaf Salman ITB.

 

  • update
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman