Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Petani, Juru Kunci Indonesia Sejahtera

Indonesia dikenal sebagai negara agraris atau negara yang mayoritas warganya adalah petani.
Sektor pertanian memiliki peranan yang amat penting bagi kehidupan manusia karena pertanian diumpamakan seperti "nafas" bagi setiap warga Indonesia. Pasalnya, siapapun sangat membutuhkan hasil pertanian untuk keberlangsungan kehidupan sehari-hari. Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia merupakan "surga" bagi keanekaragaman hayati. Sebagian besar flora dan fauna dunia ada di negeri ini. Itu pula yang membuat sektor pertanian sangat vital bagi Ibu Pertiwi.

Oleh karena itu, pentingnya keberadaan dan peran vital petani dalam memproduksi bahan pangan. Bayangkan, seandainya di bumi ini petani jagung, petani padi, petani gandum, nelayan, petani buah, dan petani sayuran mogok massal atau bahkan tidak mau kembali bertani, dapat dipastikan tidak ada pangan yang tersedia. Maka dari itu, jangan pernah terpikirkan sedikitpun di benak kita untuk menyepelekan sektor pertanian, peran penting sektor pertanian pun tidak hanya sebatas menyediakan pangan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun demikian menjadi sektor utama yang meningkatkan pendapatan suatu negara dari kegiatan ekspor pangan.

Di Filipina, ekspor komoditas pertanian merupakan yang paling besar di antara komoditas lainnya. Sama seperti halnya Indonesia, Filipina amat menaruh perhatian penting terhadap hal ini. Untuk itu, pemerintah Indonesia hingga ini terus masif melakukan ekspor komoditas pertanian. Di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, ekspor pertanian naik sehingga sektor pertanian kembali menjadi sesuatu yang cukup menyita perhatian.

Semua tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya kesadaran maupun "gebrakan" dari aspek-aspek pendukung untuk memajukan pertanian Indonesia. Baik kita maupun pemerintah harus sadar akan kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, jangan sampai semua hanya menjadi "penghias" tapi harus menjadi sesuatu yang menghasilkan. Kita bantu para petani yang ada di desa-desa untuk memajukan Indonesia yang lebih subur, Wakaf Salam selalu siap untuk menyalurkan donasi yang Anda berikan agar Tanah Air sejahtera.

  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman