Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

5 Hikmah Sedekah Yang Wajib Kamu Ketahui! Apa Aja Ya?

Sedekah adalah perbuatan baik yang pahalanya tidak terputus sampai kapanpun. Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk banyak bersedekah dan membantu orang yang sedang membutuhkan pertolongan. Sedekah tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi yang menerimanya, tetapi juga hikmah bagi pemberi sedekah. Lalu, apa saja ya hikmah sedekah? Yuk simak penjelasan di bawah in!

Memupuk Perasaan Ikhlas

 

Memupuk Perasaan Ikhlas

(Memupuk perasaan ikhlas | Pexels.com)


 

Hikmah sedekah yang pertama adalah perasaan ikhlas. Hal ini dikarenakan, saat bersedekah kita belajar untuk merelakan harta atau benda yang kita miliki untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Maka dari itu, ikhlas akan tertanam di dalam diri seorang muslim saat ia rela harta atau benda yang ia miliki di sedekahkan untuk orang lain. Selain itu, keikhlasan dalam bersedekah membuat kita dilimpahkan banyak keberkahan dari Allah SWT. 

Sedekah Memperkuat Iman

Sedekah Memperkuat Iman

 

Dengan bersedekah kita akan mengetahui seberapa besar kadar keimanan kita. Karena orang dengan iman yang kuat akan dengan ikhlas bersedekah dengan harta atau benda yang ia miliki. Sedangkan, orang dengan iman yang lemah cenderung takut untuk berpisah dengan harta dan benda yang ia miliki. Hikmah sedekah yang satu ini adalah kita akan memperkuat iman kita dengan bersedekah. Salah satu program sedekah yang dapat diikuti adalah sedekah senin dan kamis yang diadakan oleh Wakaf Salman.

Mendapat Ampunan Dari Allah SWT

Mendapat Ampunan Dari Allah SWT

 

Hikmah sedekah selanjutnya adalah ampunan dari Allah SWT. Sedekah adalah penawar dosa, menghilangkan keburukan, dan termaafkannya segala kekhilafan yang dilakukan oleh manusia. Tentunya, hikmah sedekah yang satu ini akan didapat dengan sedekah harta atau benda yang bermanfaat dengan hati yang ikhlas. Selain itu, sedekah merupakan wujud ketakwaan kita kepada Allah SWT. Salah satu program sedekah yang dapat diikuti adalah program sedekah syiar dakwah dari Wakaf Salman untuk terselenggaranya kegiatan dakwah. 

 

Didoakan Oleh Para Malaikat

Didoakan Oleh Para Malaikat

 

Doa memberikan dampak yang luar biasa, apalagi jika kita didoakan oleh para malaikat. Didoakan oleh malaikat adalah hikmah sedekah berikutnya. Malaikat akan turun ke bumi dan berdoa untuk orang-orang yang bersedekah seperti dalam hadits “Tidak ada satu subuh pun yang dialami oleh hamba-hamba Allah selain turunnya dua orang malaikat yang berdoa ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang bersedekah’ dan yang lain berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)’” (HR Bukhari).Salah satu program sedekah dari Wakaf Salman yang dapat diikuti yakni Sedekah Subuh

Mendapat Naungan Dari Allah Pada Hari Kiamat

Mendapat Naungan Dari Allah Pada Hari Kiamat

(Naungan pada hari kiamat adalah sedekah | Pexels.com)

 

Hikmah sedekah terakhir adalah naungan Allah pada hari kiamat. Jika kita dengan ikhlas menolong orang lain dengan harta atau benda yang kita miliki, maka Allah akan menggantinya dengan pahala dan perlindunganNya pada hari akhir. “Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484). Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk bersedekah dengan hati yang ikhlas dan niatkan untuk berbuat kebaikan di jalan Allah SWT. 

Perkuat Iman Kita Dengan Bersedekah! Ayo Kunjungi Wakaf Salman!

Hikmah sedekah yang sudah dijelaskan di atas bisa didapatkan jika kita dapat membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Jadi, jangan ragu untuk bersedekah ya! Di Wakaf Salman banyak program-program sedekah yang dapat diikuti!

 

Yuk, Kunjungi Wakaf Salman! Platform wakaf online yang amanah, transparan dan profesional berbasis teknologi informasi. Lembaga pengelola wakaf yang mendorong kemajuan peradaban umat dan dengan mempertimbangkan aspek kemaslahatan dan kemanusiaan berlandaskan nilai-nilai islami.

 

  • Literasi
  • hukum wakaf
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman